Menjaga kesehatan jantung dengan olahraga yang tepat

Olahraga Terbaik untuk Jantung Anda


Ini saran yang kerap diberikan, berolahragalah secara teratur untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dan dengan adanya berbagai penelitian yang menghubungkan aktivitas fisik dengan sejumlah manfaat sehat lain (mulai dari risiko depresi yang lebih rendah hingga peningkatan kesehatan mata), para dokter pun ingin kita mempertimbangkan olahraga sebagai pengobatan.
Tetapi, jika bergerak menjadi obat, berapa dosis yang tepat?

Berita tentang sejumlah pelari maraton yang meninggal saat berlari telah menimbulkan persepsi bahwa olahraga yang melibatkan ketahanan tubuh belum tentu menyehatkan. Faktanya, risiko meninggal secara tiba-tiba di tengah lomba lari jarak jauh sangat rendah: kurang dari satu banding 100.000, atau lebih aman daripada mengemudikan kendaraan bermotor, menurut data terbaru di Amerika Serikat. Jika melakukan tantangan besar membuat Anda termotivasi, tak ada alasan bagi Anda untuk berhenti. Namun, jika Anda berjuang keras untuk mendatangi pusat kebugaran, para peneliti menyarankan, lakukan saja olahraga moderat, yang tak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan jantung secara optimal.

Dalam sebuah studi di 2014, tim yang dipimpin oleh para peneliti di Institute for Exercise and Environmental Medicine, Texas, Amerika Serikat, menyelidiki fungsi kardiovaskular 101 orang dewasa yang berusia di atas 60 dengan berbagai komitmen untuk melakukan aktivitas fisik. Hasilnya, mereka yang berolahraga kurang dari dua kali per minggu selama 10 tahun memiliki fungsi yang lebih buruk daripada mereka yang melakukan olahraga lebih banyak. Yang lebih mengejutkan, para pria dan wanita yang secara konsisten berolahraga sebanyak empat hingga lima kali per minggu membuat skor yang sama baiknya dengan para atlet yang berolahraga hampir setiap hari dan mengikuti perlombaan secara teratur.

Sayang, data di Amerika, Kanada dan Eropa semuanya menunjukkan bahwa kebanyakan orang dewasa bahkan tidak bisa memenuhi kebutuhan minimal untuk aktivitas fisik. Dan kepada mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk, para ahli jantung mengatakan, aktivitas fisik apapun lebih baik daripada tidak sama sekali. Namun yang paling efektif adalah lebih dari tiga sesi aktivitas fisik per minggu – menurut panduan aktivitas fisik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa sebaiknya melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik berintensitas sedang, atau 75 menit yang berintensitas tinggi dalam seminggu (dan juga melakukan latihan kekuatan, untuk menguatkan tulang).

Jenis aktivitas yang dilakukan bisa apa saja, asalkan yang dapat meningkatkan detak jantung – kebanyakan jenis yoga, meski bermanfaat, tidak termasuk itu. Jadi, demi mendapatkan jantung yang sehat, biasakan diri Anda berkeringat, ya

sumber : http://www.readersdigest.co.id/olah-tubuh/olahraga+terbaik+untuk+jantung+anda





















0 Response to "Menjaga kesehatan jantung dengan olahraga yang tepat"

Post a Comment

>Silahkan berkomentar jika kamu belum mengerti mengenai artikel diatas

Baca Juga :