Inilah beberapa jenis makanan dan minuman yang baik disantap setelah berolahraga

Makan dan Minum Ini Setelah Olahraga

Inilah makanan dan minuman sehat yang layak Anda konsumsi setelah berolahraga.
Hasil gambar untuk kismis
Pisang. Pisang adalah sahabat para atlet karena kaya kalori, nutrisi dan potasium. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori. Potasium adalah sejenis elektrolit yang dibutuhkan agar organ-organ tubuh dapat bekerja dengan benar. Setelah berolahraga tentu Anda kehilangan dua hal itu, kalori dan elektrolit. Pisang dapat menggantikannya. Selain itu, pisang mengandung bahan-bahan yang ada di dalam minuman olahraga; antioksidan, serat dan vitamin B.


Susu cokelat. Minuman olahraga diciptakan untuk menjaga kesegaran setelah setengah atau seharian beraktivitas, juga untuk membantu pemulihan tubuh yang lelah. Tetapi riset terbaru mengatakan, susu cokelat rendah lemak, bekerja dengan lebih baik dibandingkan minuman olahraga.

Menurut Mayo Clinic, susu cokelat memiliki tiga komponen penting untuk proses pemulihan, yaitu karbohidrat dalam bentuk laktosa, elektrolit potasium dan sodium, protein dari kasein dan whey.

Air kelapa. Sudah lama air kelapa dianggap sebagai minuman olahraga natural, dan itu memang benar. Air kelapa sarat akan elektrolit potasium dan rendah kalori. Sebenarnya, atlet membutuhkan lebih dari sekadar potasium. Mereka juga membutuhkan sodium yang rendah jumlahnya di dalam air kelapa. Tetapi bagi Anda yang tidak berlatih sekeras atlet, air kelapa yang natural dan rendah kalori adalah pilihan yang terbaik.

Kismis. Sekarang ini, ada camilan olahraga berbentuk gel solid terbuat dari gelatin ditambah gula, elektrolit dan kalori. Tetapi, sebuah studi yang dimuat dalam situs online untuk pelari profesional wilayah Washington (www.runwashington.com) menyebutkan bahwa camilan kenyal alami yang sama-sama mengandung elektrolit dan kalori, yaitu kismis, jauh lebih baik. Manisan buah yang lain, seperti manisan mangga dan pir, juga layak dicoba.

Kafein. Kebanyakan atlet memang membutuhkan ‘bantuan’ elektrolit dan kalori dari minuman olahraga. Berbeda dengan mereka, Anda tidak terlalu membutuhkannya. Latihan intensitas tinggi sampai sedang selama kurang dari satu jam tidak memerlukan pengganti berkonsentrasi tinggi. Minuman rendah kalori dengan kandungan 100mg kafein, seperti kopi hitam dan teh kental, sudah cukup untuk membuat Anda segar kembali

sumber : http://www.readersdigest.co.id/nutrisi/makan-ini-setelah-olahraga

0 Response to "Inilah beberapa jenis makanan dan minuman yang baik disantap setelah berolahraga"

Post a Comment

>Silahkan berkomentar jika kamu belum mengerti mengenai artikel diatas

Baca Juga :