Inilah Efek Jika Berolahraga Setiap Hari

Ini Yang Terjadi, Jika Anda berolahraga Setiap Hari

Hasil gambar untuk efek berolahraga tiap hari
Berolahraga setiap hari baik untuk kesehatan. Mayo Clinic, dalam situsnya, menyatakan bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan level energi, memperbaiki suasana hati, mengontrol berat badan, membuat Anda tidur lebih nyenyak, dan menurunkan risiko banyak penyakit seperti penyakit kardiovaskular, darah tinggi, osteoporosis dan diabetes.


Salah satu hal penting dalam berolahraga adalah memerhatikan porsi. "Dalam kondisi normal, orang dewasa sehat dianjurkan berolahraga 30 menit setiap hari,” kata Russell Pate, PhD, profesor di Arnold School of Public Health, University of South Carolina.

Olahraga berlebihan hanya akan membuat Anda kelelahan, cedera otot, memengaruhi kualitas tidur, meningkatkan nafsu makan sehingga otomatis menambah berat badan. Untuk menghindari itu semua, dan mengoptimalkan manfaat sehat dari setiap jenis latihan, bacalah petunjuknya di bawah ini.

KardioCenters for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan Anda berlatih kardio selama 150 menit perminggu. Jika ingin berlatih kardio setiap hari, artinya Anda harus meluangkan 30 menit selama lima hari dalam satu minggu.  Sesuikan intensitasnya dengan kemampuan.  Ketika berlatih,  Anda harus tetap bisa bicara normal, tidak terengah-engah karena intensitas yang terlalu tinggi atau bernyanyi-nyanyi karena intensitas terlalu rendah. Kombinasikan latihan kardio Anda, misalnya bersepeda di Senin, berjalan cepat di Selasa, lari atau joging pada Rabu, renang di Kamis dan aerobik di Jumat.

Latihan beban. Latihan beban berguna untuk mengencangkan dan menguatkan otot dan mempercepat metabolisme sehingga  tubuh dapat membakar lebih banyak kalori usai latihan. CDC menyarankan agar Anda berlatih beban sebanyak dua kali dalam seminggu ketika jeda latihan kardio. Sama prinsipnya dengan latihan kardio, beban latihan Anda juga tidak boleh melebihi kemampuan. Hindari berlatih beban dalam dua hari berturut-turut karena otot perlu istirahat setidaknya selama 24 jam setelah latihan pertama. Jika terpaksa berlatih beban selama dua hari berturut-turut, pilih jenis latihan yang berbeda di setiap sesinya. Misalnya, hari ini Anda melatih otot-otot bagian atas dan besok melatih otot-otot bagian bawah.

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, minta persetujuan dokter sebelum membuat rencana latihan. Atau, berlatihlah dengan pelatih fitness pribadi (personal trainer). Personal trainer yang baik dapat memahami kondisi kesehatan kliennya dan membuatkan rencana latihan yang tidak menyakiti, tetapi justru meningkatkan level kesehatan Anda.

Selalu mulai dengan porsi moderat dan dengan perlahan. Tingkatkan porsi dan intensitas secara bertahap ketika tubuh Anda sudah siap untuk itu. Tidak mengapa jika hari ini Anda hanya sanggup berlatih selama 10 menit sebelum mencapai target 30 menit perhari yang dianjurkan. Tingkatkan kemampuan fisik di luar jam latihan dengan memperbanyak jalan kaki, naik tangga, mencuci kendaraan sendiri, bebenah rumah dan aktivitas fisik lain.

Jika Anda terlalu malas untuk memulai, cobalah mencari jenis latihan outdoor, seperti bersepeda, hiking dan ski air, atau olahraga kompetisi, seperti badminton, sepak bola, futsal dan tenis. Latihan outdoor dan kompetisi lebih banyak disukai karena tidak membosankan dan ada tantangan di dalamnya.

Sebagai penyemangat, ajaklah teman atau saudara untuk berlatih bersama. “Orang yang berlatih bersama atau dalam tim cenderung lebih sukses dalam mencapai target latihan ketimbang yang berolahraga sendiri,” kata Pate. 

sumber : http://www.readersdigest.co.id/olah-tubuh/ini-yang-terjadi-jika-anda-berolahraga-setiap-hari

0 Response to "Inilah Efek Jika Berolahraga Setiap Hari"

Post a Comment

>Silahkan berkomentar jika kamu belum mengerti mengenai artikel diatas

Baca Juga :